Menyembuhkan Diri dari Anxiety Disorder

 Ayo Lepas Dirimu dari Anxiety Disorder

Penulis: Ronaboi Surya

 Judul diatas pasti sangat menarik bagi kawan-kawan penderita gangguan kecemasan. Ya, tentu saja. Siapa coba dari kita, para penderita anxiety disorder, yang tidak mau lepas dari mimpi buruk ini. Hari ini, Selasa, 29 Agustus 2017, penulis juga baru ingin memulai hidup terlepas dari yang namanya gangguan kecemasan. Saya sudah bosan dan muak terbelenggu rasa cemas yang berlebih. Saya yakin pembaca pun merasa demikian. Maka dari itu, penulis mau mengajak teman-teman sekalian untuk ikut menjadi teman seperjuangan penulis dalam melepas diri dari genggaman kecemasan.
  Saya yakin 100% pasti pembaca ada yang langsung bertanya dalam hati, "apa mungkin bisa sembuh?" Hehehe. Saya memakluminya, karena saya pun demikian ketika mencoba segala hal untuk bisa lepas dari anxiety, saya selalu meragukannya. Banyak hal yang sudah saya coba. Mulai dari terapi CBT (Cognitive Behavioral Theraphy) dengan beberapa psikolog, latihan pernapasan dan meditasi, hingga mengkonsumsi obat yang diberikan oleh psikiater. Apakah semua cara itu berhasil? Menurut pengalaman saya, TIDAK. Lalu apakah yang salah psikolog, guru meditasi, atau psikiater? TIDAK. Bukan kesalahan mereka saya tidak bisa mengatasi gangguan kecemasan saya. Lalu, siapa yang salah dong? Saya sendiri. YA. Saya sendiri lah yang membuat diri saya tidak lepas-lepas dari gangguan kecemasan. Mengapa demikian? Well, para penderita gangguan kecemasan pada dasarnya adalah orang yang selalu memikirkan segala hal. Otak kita para anxietiers (jadi kaya fans club yah anxietiers hehe) selalu menganalisa segala sesuatu secara mendalam. Saya ambil contoh. Saya pergi ke psikolog. Lalu psikolog mengajarkan terapi CBT. Saya menganalisa, "duh kok sepertinya terapinya tidak berpengaruh apa-apa yah sama saya." Padahal itu baru terapi pertama. Lalu dengan analisa saya itu saya malah menimbulkan emosi negatif yang mana malah berdampak buruk bagi kecemasan saya. Itulah kesalahan saya. Ketidakpasrahan dan keinginan mendapatkan hasil yang INSTAN membuat saya tidak bisa lepas dari belenggu cemas. Sehingga saya menyarankan agar kita mendekatkan diri kepada Tuhan. Agar kita mau dan bisa berpasrah diri. Pasrah terdengar sederhana. Akan tetapi sangat sulit dilakukan. Apalagi saat serangan panik melanda. Pasti yang kita lakukan malah menganalisa. "duh kok gue deg2an" "duh kok perut ke dada panas" "duh kok kayak mau pingsan pala keliyengan" "duh kok...." Teman-teman lanjutkan aja titik2nya sebagaimana kita pernah mengeluh dan menganalisa. Sedangkan yang saya maksud dengan pasrah adalah berpikir seperti ini. Ambil contoh kita sedang ada di tengah2 keramaian mall dan serangan panik menyerang. Bisakah kita mengatakan "hai anxiety, keluar lah aku tidak akan menganalisa dan melawanmu. kamu hanya akan lalu dalam beberapa menit". Jawabannya apa teman-teman? SUSAAAAAH. Ya. Sangat susah untuk dapat bertindak seperti itu. Akan tetapi, sayangnya hehe, itulah cara paling efektif untuk kita bisa meredam kepanikan kita.
  Oleh karena itu saya ingin teman-teman sekalian, mari kita berjuang bersama, saat ini juga hari ini juga detik ini juga kita lepas kecemasan dari dalam diri kita. Ada beberapa langkah yang akan saya share kepada teman-teman sekalian untuk bisa meredam kecemasan. Hal-hal yang perlu teman-teman persiapkan adalah 1) mental yang tidak mau menyerah 2) Memasrahkan diri kepada Tuhan 3) Beberapa lembar kertas serta alat tulis.
  Berikut langkah-langkah untuk bisa lepas dari anxiety (amin):
  1. Awali hari dengan selalu bersyukur kepada Tuhan dan katakan dalam hati atau diucapkan perlahan "aku menyanyangi diriku sendiri. Aku pasti sembuh"
  2. Hindari pikiran-pikiran negatif yang tidak mendukung atau memberikan dampak yang positif bagi kita. Misalnya "kapan yah bisa lepas dari anxiety" dan ganti menjadi "aku pasti lepas dari anxiety" atau pikiran seperti "kayaknya jantung,perut,kepala,dll gue bemasalah" menjadi "aku baik-baik saja, ini hanyalah kecemasanku." Ubah sebanyak mungkin dialog negatif anda dengan diri sendiri menjadi dialog positif agar anda memiliki sugesti yang positif pula
  3. Ambil kertas dan tuliskan "Aku pasti Sembuh" dan anda tuliskan juga beberapa ketakutan yang anda alami setelah mengalami gangguan kecemasan lalu anda usahakan agar hal-hal itu anda lakukan dihari-hari berikutnya. Usahakan tulis sebanyak mungkin. Misal: Saya takut pergi ke mall. Lalu kemudian hari saya, dengan rasa pasrah pada Tuhan, pergi ke mall untuk mengobati ketakutan itu.
  4. Jika serangan panik datang, jangan dianalisa. Biarkan lah ia berlalu. Jangan anda takut dengan berpikir "duh jantung gue" "duh masa kena serangan sekarang sih gue kan lg sama pacar" atau duh duh lainnya. Pasrahkan saja dengan berkata dalam hati "apapun yang terjadi, saya pasrah menerimanya." Atau dengan mengatakan "semakin saya merasa cemas semakin nyaman yang saya rasakan"
  5. Usahakan untuk makan makanan sehat, olahraga (seperti berenang maupun jalan pagi), serta tidur yang cukup. Ketiga hal ini sangat berguna untuk memberikan sugesti positif ke alam bawah sadar kita bahwa tubuh kita, secara fisik, sehat karena sudah melakukan hal-hal yang positif.
  6. Sebelum anda tidur, ada baiknya berpikir atau berandai-andai jika anda nanti sudah sembuh apa hal yang akan anda lakukan. Misal: jalan-jalan dengan keluarga. Visualisasikan bayangan anda sejelas dan sedatail mungkin sebisa anda, agar sugesti pikiran anda semakin kuat untuk sembuh.
  7. Yang terakhir dan paling penting : PASRAH. Berdamailah dengan diri anda. Terima jika saat ini kita sedang mengalami cobaan. Tetapi Tuhan pasti memberi bantuan-Nya.
  Perlu diketahui, penulis pun baru mencoba hal ini hari ini juga. Jadi akan menyenangkan jika teman-teman yang membaca memberikan komentar di kolom komen blog penulis ataupun di comment facebook agar kita sama-sama tahu sedang berjuang bersama. Dan satu hal penting, penulis tidak menjamin kesembuhan 100% untuk semua pembaca yang ikut berjuang, penulis hanya ingin berbagi pengalaman saja semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian.

  P.S: Yang menemui psikolog dan psikiater penulis sarankan tetaplah berkonsultasi karena penulis sendiri juga saat ini dalam penanganan psikolog dan psikiater. Mereka adalah kepanjangan tangan Tuhan untuk membantu jiwa kita. Amin

Selamat Berjuang Teman, Sampai bertemu di ujung jalan KESEMBUHAN. Badai akan reda dan pelangi siap menyambut kita. Tuhan memberkati kita semua.


source gambar: melinweb.com

Komentar

  1. Betul, badai akan dan PASTI akan reda, mari kita lawan kecemasan dengan pikiran positif kita.

    BalasHapus
  2. Terharu Ngebacanya .saya juga penderita anxiety sudah hampi 3 tahun belum sembuh total .Sekarang saya sedang berusaha untuk keluar dari ini semua :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah sampai terbawa mimpi ga kak?

      Hapus
    2. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  3. Saya sudah mengalami serangan kepanikan hampir satu minggu......rasanya sangat tersiksa tidak bisa tidur dan jantung selalu berdebar kencang disertai keringat .....ini terjadi ketika sya sakit lamBung bermacam macam pikiran menghantui saya ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya mengalami hal yang sama, benar yg dikatakan dengan tulisan diatas, jangan menganalisa apa yg kita rasa.. Karena membawa kita jauh terperosok lebih dalam lagi... Saya sdh lebih dari 2 th mencari cara untuk mengatasi nya. Salah satu hal yg mungkin dpt membantu adalah mengontrol dan menjaga kadar asam pada lambung dan perbanyak kegiatan, terutama yg memaksa otak kita berkreasi.
      Lawan rasa keleyengan dan badan lemas, krn sebenarnya badan kita kuat untuk melakukan nya. Kecemasan membuat kita merasa ada sesuatu yang terjadi atau akan terjadi pd diri kita. Padahal itu yg kita pikirkan dengan kata lain itu kita harapkan terjadi pdhal hal tersebut tidak baik untuk kita sih sebetulnya. So intinya kita harus lawan pikiran2 yg menghantui kita itu dengan cara yg nyaman untuk kita. Kebetulan saya bisa mengalihkan nya kedalam bentuk mencari kesibukan, berkreasi.. . Dikerjakan dengan rutin.. Sungguh hal ini membantu lho. Saya kerjakan hal tersebut selama 6 bulan. Puji Tuhan saya berangsur2 membaik...

      Mudah2 an ini bisa membantu rekan2 dalam hal mengatasi kecemasan yg berlebihan dan membuat kita kembali pada keadaan normal dan dapat beraktifitas seperti sedia kala...

      Salam
      IRLM

      Hapus
    2. Sedih sekali, udh hmpr sebulan mnderita ini, smpe mimpi buruk terus.ga tau pdahal ga ada apa2, ga ada penyebabnya..tiba2 selalu muncul sensasi aneh di dada, prnh sampe ga kuat bgt nangis trus setiap hr ga mau makan dan mnum sampe pingsan dan hrs diinfus 😭😭 pgn normal lg aktivitas..kapan ya 😥

      Hapus
    3. Gabung di FB Solusi Lambung Sehat . InsyaaAllah banyak manfaatnya. Disana banyak penderita Gerd/Asam Lambung dan Anxiety ( serangan panik / kecemasan )

      Hapus
  4. Sedih, haru sekaligus ayem bacanya ...
    Selamat berjuang teman2ku sekalian ...
    Tuhan tidak pernah tidur ...
    Ia sangat dekat dengan hambaNya ...
    Teruslah berdoa ..
    Terus berusaha ..
    Niscaya tuhan akan mengabulkan semua doa2 ...

    BalasHapus
  5. Saya 5 thn menderita ini.. Kecemasan berlebih.. Up n down.. Tetap bersyukur atas nikmat ini.. Smg bs jd penggugur dosa. Aamiin.. Tetep berusaha positif thingking.. Aku menyayangi diriku aku pasti sembuh.. Aamiin..

    BalasHapus
  6. Sy tdk th apkah yg sy alami skrng in adlah anxietas.tp spertix iya.krn saat in sy sdh mlai tkut keluar rmah.takut keramaian.keluar rmah berpkir dl jgn2 dan jgn2.jd bingung.tp sy akn sllu berusaha untk mengendalikan in.sy ykin allah sllu membrikan yg terbaik untuk sy.dan akn ad hikmah dibalik in semua.semngat tman2

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai, kalau btuh bantuan bisa chat email vennadcn99@gmail.com
      sayaa sarankan biar km ke psikiater atau psikolog biar ditangani sama ahlinya. kalau ga punya uang bisa pake bpjs priksa di rs terdekat. semangat ya! -dari saya penderita anxiety disorder sekaligus calon sarjana psikologi

      Hapus
    2. Gabung di FB Solusi Lambung Sehat. Disana saling share pasien Anxiety dan Gerd .

      Hapus
    3. Emang bisa ya berobat k psikolog tp pake bpjs?

      Hapus
  7. Sy sdh 4 th., cuma klo pas anxie datang sy sdh bisa menanganinya, beberapa menit hilang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mau nanya gimana ngatasinnyaa pas serrangan itu datang

      Hapus
    2. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  8. Anak saya 21 thn. Penderita anxiety. Dan sudah menggannggu kuliahnya. Mohon saran sebaiknya ke psikolog atau psikiater ? Bisa mnta no kontak psikolog/psikiater specialist anxiety yg di rekomendasi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai sebaiknya kalau gamau mengkonsumsi obat pergi ke psikolog aja, karna biasanya kalo ke psikiater solusinya dikasih obat tapi ga bakalan dengerin curhatan atau analisis masalah kita

      Hapus
    2. Coba gabung di FB Solusi Lambung Sehat , disana admin sebagai pemandu kita, admin adalah mantan penderita Anxiety akut yg Alhamdulillah sembuh dan berbagi pengalaman dalam pengobatan. Dan banyak jg netizen pasien Gerd Anxiety saling berbagi informasi apalagi yg udah sembuh..

      Hapus
  9. tahun 2016 lalu saya juga pernah terkena anxiety. setiap hari bawaan takut, tidak semangat, jantung serasa berdebar-debar, dan kadang suka nangis tanpa sebab. tapi alhamdulillah setelah 1 tahun berjuang akhirnya bisa sembuh dan sampai saat ini syukur tidak pernah muncul rasa takut yang pernah dihadapi sebelumnya.

    waktu itu cara yang saya lakukan untuk sembuh yang pertama, saya coba ceritakan semua permasalahan yang saya hadapi kepada orang yg saya percaya, yaitu orang tua saya. respon orang tua saya pada saat itu ya, kecewa dan menganggap masalah yang saya hadapi adalah masalah kecil. mungkin ini juga yang menjadi alasan untuk para penderita anxiety takut untuk bercerita. mereka mungkin takut kalo mereka hanya akan diremehkan atau dianggap enteng. tapi lama-kelamaan akhirnya orang tua saya bisa mengerti dan setelahnya membantu saya untuk bisa sembuh dari anxiety seperti selalu diberi motivasi penyemangat setiap harinya, lalu tidak membiarkan saya sendirian dirumah. karena memang biasanya rasa takut cenderung lebih mudah muncul jika saat seorang diri.

    dulu saya yakin bahwa anxiety ini muncul karena adanya beban dari berbagai macam masalah yang datang pada waktu yang bersamaan. jadi saran saya untuk yang masih berjuang melawan anxiety, coba analisa kira kira masalah-masalah apa yang sedang anda hadapi, coba mulai menyelesaikan dan berdamai dengan masalah-masalah tersebut satu demi satu. dengan berkurangnya masalah maka berkuranglah beban yang dimiliki. semakin sedikit beban dan maslaah yang dimiliki, semakin mudah untuk bisa bahagia dan terjauh dari sifat sifat kecemasan.

    selain dari faktor lingkungan sekitar, semangat untuk bisa sembuh dari diri sendirilah yang paling penting. waktu itu yang saya lakukan adalah dengan menulis ulang, harapan, cita-cita, impian, target-target yang ingin dicapai, tempat-tempat yang ingin dikunjungi dan lain sebagainya. oiya coba ditambah dengan olahraga. ga usah yang berat-berat, tiap anxiety muncul, coba aja sekedar jalan santai atau jogging di luar rumah sambil liat lingkungan sekitar. waktu itu saya coba dan cukup bisa mengurangi perasaan cemas yang saya hadapi.

    untuk temen temen yang masih berjuang untuk bisa sembuh dari anxiety, tetep semangat!! jangan sampai kalah!! pasti bisa sembuh kok. mungkin selama ini belum tau aja caranya. coba mulai dari sekarang mulai bayangin hal hal yang menyenangkan. mulai coba untuk bercerita kepada orang yang dipercaya. mulai inget lagi cita-cita yang ingin dicapai apa.

    untuk yang mungkin teman atau saudaranya yang terkena anxiety, mungkin coba untuk bisa menjadi pendengar yang baik yang mereka percaya. kadang org yg terkena anxiety cuma butuh untuk didengerin aja loh. dan yg paling penting jangan diremeh atau dijatuhin.

    mungkin itu aja yang bisa saya bagi. maaf kalo ada yg salah atau tidak berguna.

    kalo ada yg mau sekedar cerita, sharing atau berbagi pengalaman tentang anxiety bisa email saya, supaya saya bisa belajar juga dari temen temen semua. makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf emailnya kelupaan, ekijayaya@gmail.com

      Hapus
    2. Masalahnya anxie saya sampe ga bisa tidur yg bikin panik n cemasnya itu, kalo bisa tidur mungkin ga cemas banget,

      Hapus
  10. hai makasih infonya ya. semoga kali ini bisa ngelewatin ini dengan sabar dan tabah❤

    BalasHapus
  11. Jatuh bangun saya mengalami kecemasan ini, tp saya tidak pernah putus asa untuk tetap menjalani hidup , karena saya yakin ini adalah ujian yang Alloh berikan untuk saya, dan semoga ini adalah cara Alloh menggugurkan dosa kita (amiin) . Dan InsyaAlloh saya ikhlas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah nya anxie saya sampe ga bisa tidur, itu yg bikin ngedrop lemes sedih kliyengan udah berjuang belum sembuh mau ke psikiater belum ada uang dan ga tau psikiater mana.

      Hapus
    2. Semoga ini cara Allah menjadikan saya menjadi manusia yang lebih baik lagi

      Hapus
    3. bisa priksa di rs pake bpjs

      Hapus
  12. Saya alami axiety karena "TEKEK" alias Tekanan Ekonomi. Bagaimana tdk? Sewaktu2 ditagih, baik oleh kbutuhan anak ato debt kolector. Smpai mau buka hp aja merinding

    BalasHapus
  13. Makasi ya untuk artikelnya.Saya yakin panic attack akan berlalu dan hidup saya semakin berjaya

    BalasHapus
  14. Sya mengalami anxiety sudah 4 tahun setiap panik attack datang keringet dingin sya waduh minta ampun banyaknya...
    Tolong di buat group fb atau WA biar kita sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap kak bisa hubungi email aku. vennadcn99@gmail.com

      Hapus
    2. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Buka aja anda akan banyak saran disana. FB nya memang Solusi Lambung Sehat. Tapi didalamnya bahas Gerd dan Anxiety.

      Hapus
  15. semoga saya dan kawan kawan semua penderita gerd anxiety di beri kesembuhan oleh Allah swt Aamiin. sabar dan ikhlas menjalani cobaan ini di setiap kesusahan pasti ada kebahagiaan yang tertunda. jangan lupa berdoa dan pasrahkan semuanya pada Allah maka insya allah perlahan hati kita akan tenang.

    BalasHapus
  16. Semamgat teman teman kita pasti bisa melalui ini... Tuhan tidak akan kasih kita cobaan di luar kemampuan kita... saya sudah 30 masih mengalamai gangguan kecemasan yg berlebihan

    BalasHapus
  17. Saya sekarang lg mengalami nya. Sudah sbulan setengah rasa cemas,takut brlebihan sy rasa setiap hari. Mau tidur aj susah,krna badan gemetaran ,jntung berdebar kencang,kpl pusing,nyeri di seluruh badan,mual,BB turun,takut klo di malam hari jd nya.
    Ketakutan berlebihan itu berawal dari tetangga dpn sy meninggal krna dibunuh. Sya jd merasa takut sndri,smpai akhirnya saya mnderita anxiety .sampai hrs di rujuk ke dr piskiater..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  18. hai apakah teman teman disini ada yg bersedia membuat grup wa untuk penderita anxiety disorder?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana grup wa nya kak tlong masukan saya 085754529686

      Hapus
    2. Mana grup wa nya kak tlong masukan saya 085754529686

      Hapus
    3. Mana grup wa nya kak tlong masukan saya 085754529686

      Hapus
    4. Saya jg udah sebulan lebih takut keramaian takut pingsan terus terbayang kematian jdi takut sampe badan keringat mata buram pusing serasa kek mau pingsan

      Hapus
  19. Saya juga lagi berjuang melawan anxiety. Kalau saya susah tidur malam. Akhirnya ke psikiater. Diberi obat penenang. Sejauh ini sudah lmyn membaik. Tidur sudah rutin. Dokter bilang nanti pada suatu saat pasti bisa tanpa ketergantungan sm obat. Moga2 secepatnya sembuh. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi kalo menurut dokter psikiater saya. Tingkat kecemasan saya lagi di puncak2nya. Makanya dikasih obat penenang alprazolam untuk nuruninnya. Oh ya klo bisa hindarin kafein, asam, pedas karena berhubungan dengan asam lambung.

      Hapus
    2. Berobat ke mana Mba soalnya saya saking cemas ga bisa tidur

      Hapus
    3. Saya psikiater di rs abdi waluyo. Sama saya jg masih berjuang kadang masih ga bisa tidur walaupun sudah minum obat penenang.

      Hapus
    4. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  20. Coba brobat ke pengobatan trpadu komplementer ikhwan ah 9779.
    Kalau bisa datang langsung ketemu beliau.
    Kalau tak bisa datang pesan obat nya saja dan rutin konsultasi Sama beliau.
    Banyak yang sudah tr bantu oleh beliau dan sembuh melalui obat dan Saran beliau,tr masuk saya ALHAMDULILLAH sudah sembuh, selama rutin brobat dng beliau ya...
    Tapi semua itu Atas ijin allah swt...
    Kalau mau mencoba brobat dng beliau Ini no Hp nya dan wa beliau 0822_9423-8289.

    BalasHapus
  21. Barangkali ada grub wa nya penderita anxety?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih .. kalo ada group wa nya

      Hapus
    2. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  22. Sy sudah 4 buln mnderita gerd anxety...ada grup khusus pnderita anxety kah??
    Biar kita saling semangatin untuk sembuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. WA 085399231604.klo boleh kita sharing.aku juga penderita anxiety

      Hapus
    2. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  23. Benar2 membantu, sy mendrita insomnia yg berkpnjngn akibt rasa cemas dan tkut

    BalasHapus
  24. Halo semua ... Saya dari medan .. saya penderita anxiety disorder ... Apa yg ditulis oleh penulis 100% sama dgn apa yg saya rasakan saat ini ... Hahaha .. sudah 7 bulan menderita anxiety disorder akibat serangan lambung (Gerd) .. awal mula kejadian pada saat bulan puasa kemarin tepatnya 14 Mei 2019 .. waktu selesai santap sahur, menunggu waktu sholat subuh, tiba tiba hidung tersumbat,jantung bedebar, dan kebas diseluruh tubuh ... Wahh, kyk mau mati rasanya .. hahaha .. seumur hidup, gak pernah minta dibawa ke RS tp bru saat itu aku minta utk dibawa ke RS (Merasa paling paham tentang penyakit guys) wkwkwk ..
    Perasaan aku pada saat itu apa aku bakal mati nih, apa ini jantung ?? Apa ini ..... (Isi sendiri lah kelanjutannya) Hahahah ..
    Tp smw itu cuma kepanikan semata ... Alhamdulillah sampai detik ini walaupun kecemasan itu msh ada tp sudah bisa saya atasi secara perlahan lahan ... Buat kalian guys yg lagi berjuang yg mgkn anxiety nya msh tinggi percayalah rubah pola pikir kalian .. kita pasti sembuh dan terlepas dr yg namanya kepanikan ini ... Memang lama, memang butuh keberanian .. tp yakin lah .. kita pasti kuat dan bisa sembuh ...


    Klo ada group wa mau donk kita gabung .. biar enak saling sharing dan saling membantu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  25. Minta solusinya bagaimana bila kita cemas berlebihan bila menulis diamati orang/publik..saya pobia sosial hanya pads saat menuliskan sesuatu seperti bila ada undangan pesta dan mengisi daftar tamu rasanya takut sekali ketika menulus diamati orang..
    Mohon solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  26. Saya juga pingin gmn crae sembuh dri anxeaty

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  27. Sy jg mengalami hal yg sma dg tulisan d atas..mnt grup wa donk pliss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

      Hapus
  28. Sy dlu pernah kena anxiety thun 2012 dan sembuh sampai 2019.tpi sekarang kambuh karena pola pikir,pola hidup,dan pola makan yang ngawur

    BalasHapus
  29. Gabung aja di FB Solusi Lambung Sehat. Meski namanya solusi lambung sehat. Tapi isinya tentang Gerd dan Axienty. InsyaaAllah bermanfaat. Disana saling share baik yg masih alami dan yg udah sembuh. Admin grup jg sangat banyak membantu sbg konsultan Krn admin dulu penderita Anxiety dan Gerd. Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  30. Setelah bertahun-tahun sy baru sadar trnyat saya adl pnderita anxiety disorder. Dulu wktu sy blm tau, ktika rasa takut itu muncul, sy sering menghindari suatu hal yg sbnrnya itu bkn prmslhn yg berat & melampiaskn kecemasan sy yg brlbih itu dg mnghabiskn waktu di dpn layar ponsel, menonton tv / hal² lain yg krg penting, shg tanpa sy sadari waktu sy habis dg percuma & porsi bljr saya pun jd kurang. Mskpun sy bkn trgolong org yg brprstasi di atas rata² tp, hal itu mnjdkn prstasi sy anjlok dr biasanya &
    hal itu membuat sy semakin terpuruk. Stlh sy tahu cb googling & menemukan artikel ini serta komentar² para pembaca, sy sadar trnyta bnyk jg yg sprti sy. Ya walaupun tdk sama persis gejalanya tp sebagian besar mirip. Dengan ini mnjdnjdikan semangat trsndiri bagi sy untuk sembuh. Satu psn sy untuk tmn² yg sdg berjuang melawan anxiety, ttp semangat, kalian tdk sndri, krna bnyk jg org berjuang mlwn anxiety spt kalian, bhkn mungkin kalian lbih beruntung krn mgtahui penyakit tsb dri awal, jd tidak berlarut² dg perasaan cemas yg bagi saya itu sgt mengerikan.
    Salam semangat

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Yups betul, Saya juga seorang anxietas yang terkena gangguan kecemasan dan juga GERD. Baca kisah saya disini

    BalasHapus
  33. Yups betul, Saya juga seorang anxietas yang terkena gangguan kecemasan dan juga GERD. Baca kisah saya disini

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat tulis

Hang Out Pertama Teman Jiwa